Monday 12 November 2018

Senam Lantai : Back Extensions / Stutz

Senam Lantai : Back Extensions / Stutz
Back extensions atau stutz adalah salah satu gerakan ketangkasan dalam cabang olahraga senam lantai. Stutz merupakan gerakan yang cukup sulit untuk dilakukan, dan tidak terlalu banyak dikenal masyarakat. Namun gerakan ini sebenarnya memiliki keindahan dan tantangan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Meskipun sulit, jika mau berlatih terus gerakan ini pasti bisa dikuasai. Berikut ini langkah-langkah melakukan gerakan back extensions/ stutz:

  1. Awalan, gerakan awal stutz adalah dengan berdiri tegak tangan lurus ke atas namun menghadap ke belakang atau membelakangi arah gerakan. Setelah itu bungkukkan dan jatuhkan badan ke lantai atau matras dengan kedua lengan berada di samping badan dan telapak tangan menghadap ke belakang bawah.
  2. Gerakan berikutnya setelah badan mulai terjatuh adalah dengan bertumpu ke lantai disusul punggung dan pantat dengan kaki tetap lurus, seperti hendak guling ke belakang. Pada saat posisi ini siapkan kedua tangan untuk mendorong sekuat tenaga dengan bertumpu pada lantai atau matras.
  3. Gerakan akhir, dorong badan dengan posisi kaki tetap lurus ke atas belakang. Kunci pada gerakan ini adalah kekuatan kedua lengan yang bertumpu pada lantai serta keseimbangan tubuh. Setelah posisi tubuh seperti handstand, turunkan kaki ke belakang dan kembali berdiri seperti semula. Berikut ini contoh gambar gerakan back extensions/stutz:

Nah, itu tadi penjelasan singkat gerakan stutz. Kelihatannya memang sulit, namun justru karena kesulitannya itu jika bisa melakukan gerakan stutz justru sangat menyenangkan dan seru.

1 comment: