Saturday 12 March 2016

Sudahkah Benarkah Jogging yang Anda Lakukan?


Banyak para ahli kesehatan yang mengatakan bahwa olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan, terutama olahraga untuk menjaga atau meningkatkan kemampuan jantung dan paru/ kardiovaskular. Latihan kardiovaskular adalah salah satu komponen terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari latihan ini diantaranya adalah meningkatkan daya tahan jantung dan paru, membakar lemak jahat, sebagai sarana diet, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Contoh dari latihan ini diantaranya adalah jogging, bersepeda, renang, dll. Dalam tulisan ini saya akan membahas cara melakukan olahraga sebagai latihan kardiovaskular, khususnya jogging yang baik dan benar sehingga latihan yang dilakukan benar-benar memberikan manfaat.
Berikut yang harus anda lakukan agar jogging yang anda lakukan benar-benar memberikan manfaat bagi tubuh anda:
1.      Frekuensi: Dalam melakukan jogging, agar benar-benar membawa manfaat bagi tubuh maka lakukan secara teratur. Lakukan latihan 3-5 kali dalam 1 minggu, dan jarak antar latihan jangan lebih dari 2 hari karena kemampuan jantung dan paru yang sebelumnya sudah meningkat akan menurun lagi jika terlalu lama jarak latihannya.
2.      Intensitas: Yang dimaksud intensitas di sini adalah berat ringannya latihan. Intensitas latihan agar bisa memberikan manfaat bagi tubuh anda khususnya kardiovaskular (daya tahan jantung dan paru), maka upayakan agar intensitas latihan yang anda lakukan berada pada kisaran 60%-90% dari denyut jantung maksimal. Cara menghitung denyut jantung maksimalnya adalah 220-Usia. Jadi misalkan usia anda 20 tahun, maka sekurang-kurangnya intensitas latihan anda adalah
a.       Menghitung DJM, yaitu 220-20= 200
b.      Menghitung intensitas minimal, 60% X 200 = 120. Artinya sekurang-kurangnya setelah anda melakukan jogging, maka denyut jantung anda minimal adalah 120 denyut per menit, apabila tidak mencapai angka tersebut berarti intensitas latihan masih perlu ditingkatkan lagi. Dalam prakteknya anda tidak perlu menghitung jumlah denyut jantung anda selama satu menit penuh, tetapi cukup dihitung jumlah denyut jantung selama 15 detik lalu jumlah tersebut dikalikan 4. Cara untuk menghitung denyut jantung yang benar adalah dengan menggunakan 3 jari, yaitu jari telunjuk, tengah, dan jari manis, bukan dengan ibu jari, dan jangan ditekan terlalu kuat, cukup diraba saja seperti pada gambar berikut ini:

 
Menghitung denyut nadi
3.      Waktu/ durasi : Secara umum durasi yang baik unuk meningkatkan kardiovaskular anda dengan berolahraga selama 30-60 menit dalam 1 kali latihan. Jangan pernah beristirahat saat anda melakukan jogging, apabila anda merasa tidak kuat lagi untuk berlari maka lanjutkan dengan berjalan, intinya jangan diam.
4.      Akan lebih baik lagi jika anda tidak hanya melakukan jogging, namun juga jenis latihan yang lainnya seperti renang, dll.

Tag : Olahraga yang baik dan benar, cara jogging yang benar, prinsip latihan 
Baca juga :

No comments:

Post a Comment